Penerapan The Flower of Service pada Industri Coffee Shop: Studi Kasus di Purwakarta

Authors

  • Dewi Mulyani Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Jawa Barat, Indonesia
  • Muhammad Sabiq Abdurrasyid Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Jawa Barat, Indonesia
  • Dika Meirista Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.100

Keywords:

Coffe Shop, Pemasaran Jasa, The Flowe of Service

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan the flower of service pada beberapa coffee shop di Purwakarta.

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pemilik atau pihak manajemen, serta observasi langsung di lokasi. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola penerapan setiap komponen the flower of service.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga coffee shop yang diteliti telah menerapkan tujuh komponen utama the flower of service, yaitu information, order taking, billing, payment, consultation, hospitality, dan housekeeping, dengan tingkat kesamaan yang tinggi pada praktiknya. Perbedaan utama terletak pada komponen exceptions, di mana masing-masing coffee shop menerapkan strategi yang berbeda, mulai dari penyelenggaraan acara event, pemberian tambahan takaran produk, hingga pembatasan keterlibatan sebagai sponsor pihak eksternal.

Implikasi Praktis: Penelitian ini diharapkan, coffee shop dapat menjaga layanan inti dan mengoptimalkan exceptions untuk diferensiasi dan loyalitas pelanggan.

Kebaruan: Penelitian ini memperkaya literatur pemasaran jasa dan memberi wawasan praktis bagi coffee shop di daerah berkembang.

References

Ali, B. J., Et Al. (2021). Impact Of Service Quality On The Customer Satisfaction: Case Study At Online Meeting Platforms. Ali, Bj, Saleh, Akoi, S., Abdulrahman, Aa, Muhamed, As, Noori, Hn, Anwar, G.(2021). Impact Of Service Quality On The Customer Satisfaction: Case Study At Online Meeting Platforms. International Journal Of Engineering, Business And Management,

Alindri, H. F., Et Al. (2025). Strategi Pemasaran Online Umkm Menggunakan Whatsapp Business: Studi Kasus Pendekatan Kualitatif. ⁠⁠ Jurnal Literasi Indonesia, 2(1), 10-18.

Ardabili, M. Y.Andfachrie, M. (2024). Pengembangan Sistem Pemesanan Jasa Fotografi Dengan Integrasi Payment Gateway Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 6(1), 54-64. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V6i1.1095

Fatihudin, D.Andfirmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Ilham, M. (2022). Sistem Informasi Pemasaran Jasa Pendidikan-Jejak Pustaka (Vol. 1). Jejak Pustaka.

Munthe, A., Et Al. (2023). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 593-614. Https://Doi.Org/10.61930/Jebmak.V2i3.321

Susenohaji, S., Et Al. (2022). Inovasi Dan Kreativitas Pengembagan Produk: Modul Pembelajaran Kewirausahaan. Pusat Pengembangan Kewirausahaan Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya.

Umbase, C. Z., Et Al. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Kopi Senyawa Di Manado. Productivity, 3(5), 390-395.

Wirtz, J.Andlovelock, C. (2016). Service Marketing Communications. Services Marketing, World Scientific (Us), 236-287.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mulyani, D., Muhammad Sabiq Abdurrasyid, & Dika Meirista. (2025). Penerapan The Flower of Service pada Industri Coffee Shop: Studi Kasus di Purwakarta. Jurnal Bisnis, 13(1), 90–96. https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.100

Issue

Section

Articles