Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.105Keywords:
Kualitas Produk, Electronic Word of Mouth, Brand Image, Keputusan Pembelian, Manajemen PemasaranAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, dengan brand image sebagai variabel intervening, pada konsumen sepatu Converse di Yogyakarta.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 200 responden. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Namun, kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, electronic word of mouth dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image terbukti mampu memediasi secara penuh pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, serta memediasi secara parsial pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian.
Implikasi Praktis: Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku industri fesyen dan alas kaki, khususnya merek global seperti Converse, untuk lebih mengedepankan strategi komunikasi digital dan penguatan citra merek dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen muda.
Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami peran mediasi brand image dalam hubungan antara persepsi konsumen terhadap produk dan strategi promosi digital terhadap keputusan pembelian di kalangan generasi muda.
References
Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh brand image, e-wom dan brand trust terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel mediasi di hits burger antasari jakarta selatan. Technomedia Journal, 8(1), 30-45. doi:10.33050/tmj.v8i1 SP.2001
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Anisa, N., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Milo Activ-Go UHT. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3), 408-416. doi:10.23887/jmpp.v5i3.37175
Asyhari, A., & Yuwalliatin, S. (2021). The influence of green marketing strategy on purchasing decision with mediation role of brand image. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(3), 535-546. doi:10.21776/ub.jam.2021.019.03.07
Fatchiyah, A., & Sukmono, R. A. (2021). The Effect of Experiential Marketing and Brand Image on Purchase Decisions Through Word of Mouth as Intervening Variables: Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. Indonesian Journal of Innovation Studies, 16, 10.21070/ijins. v21016i. 21556-21010.21070/ijins. v21016i. 21556. doi:10.21070/ijins.v16i.556
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European business review, 31(1), 2-24. doi:10.1108/EBR-11-2018-0203
Keller, K. L., Parameswaran, M., & Jacob, I. (2010). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity: Pearson Education India.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Seventeeth Edition. In: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14, 178-179.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelian: Analisis kualitas produk, desain produk dan endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630. doi:10.31933/jimt.v2i5
Listiana, L., & Aida, N. (2021). Analisis Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Keputusan Pembelian Produk Smartphone Xiaomi. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 14(1), 72-78. doi:10.21107/pamator.v14i1.10121
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological review, 50(4), 370.
Nadir, M., Wardhani, W., & Setini, M. (2022). The effects of perceived ease of use, electronic word of mouth and content marketing on purchase decision. International Journal of Data & Network Science, 6(1).
Putra, I. K. P. M., & Rastini, N. M. (2022). Peran brand image dalam memediasi pengaruh e-wom terhadap niat menggunakan gojek di kota denpasar. Udayana University,
Putri, R. A., & Primasatria, E. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga Melalui Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Coffee Shop Pada Generasi Z. Jurnal Riset Dan Inovasi Manajemen, 1(4), 165-177.
Putri, S. a. A., Safitri, M., Yovita, L., & Oktavia, V. (2024). Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Brand Uniqlo Dengan Brand Image & Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus: Mahasiswa Feb Universitas Dian Nuswantoro Semarang). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5988-6003. doi:10.31004/innovative.v4i1.8270
Riady, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat L’agie Pada PT Surya Abadi Persada Di Pontianak. BIS-MA (Bisnis Manajemen), 8(6), 1470-1483.
Sanjiwani, N. M. D., & Suasana, I. (2019). Peran brand image dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6721.
Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The influence of product quality, price fairness, brand image, and customer value on purchase decision of toyota agya consumers: a study of low cost green car. Binus Business Review, 11(3), 187-196. doi:10.21512/bbr.v11i3.6420
Suandayana, I. B. P., & Setiawan, P. Y. (2018). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Niat Beli. Udayana University,
Viando, H. A., Ningrum, N. K., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening (Studi kasus pada Brand Vamo di Yogyakarta). Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 10(2), 503-516.
Yanto, H. (2023). Analisis Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Pengguna Sepatu Ventela di Wilayah Cilandak, Jakarta Selatan). JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(2), 147-156. doi:10.35814/jimp.v3i2.5579





