Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle rute Purwakarta–Bandung (studi kasus pada cabang Arnes Shuttle Sadang Purwakarta)
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.21Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Korelasi Antar DimensiAbstract
Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan memiliki hubungan dan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle dan menganalisa korelasi yang terjadi antar variabel bebas dengan variabel terikat serta membuktikan secara ilmiah pengaruh dan hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini merupakan metode riset kuantitatif dengan analisis regresi korelasi dan regresi berganda.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial hal ini dibuktikan dengan uji regresi yang dilakukan. Dan juga kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Korelasi masing-masing antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sangat kuat.
Implikasi Praktis: Memberikan gambaran seberapa besar hubungan kualitas pelayanan dan oengaruh terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle.
Kebaruan: Memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
References
Chand, M., & Ashish, D. (2014). The impact of service quality on tourist satisfaction and loyalty in Indian tour operation industry. International Journal of Sales & Marketing Management Research and Development (IJSMMRD), 4(5), 1-14.
Fandy, T. (2011). Service management: Mewujudkan layanan prima. Andi
Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Akmal, Y. (2019). Analisis jalur dan aplikasi SPSS versi 25. Sefa Bumi Persada
Husein, U., & Sikumbang, R. F. (2003). Metode riset perilaku konsumen jasa: Cara mudah melaksanakan riset perilaku konsumen jasa, dilengkapi dengan contoh riset kecemasan, kepuasan, loyalitas, kinerja, serta sikap dan perilaku konsumen. Ghalia Indonesia
Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukarsa, I. K. G., & Kencana, I. P. E. N. (2015). Statistika Dasar. Laboratorium Statistika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Udayana.
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Bayumedia.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi Offset.
Tjiptono, F. (1995). Strategi pemasaran. Andi Offset.