Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle rute Purwakarta–Bandung (studi kasus pada cabang Arnes Shuttle Sadang Purwakarta)

Authors

  • Dedy Trisnadi Program Studi S1 Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Faizal Syahmurman Program Studi S1 Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.21

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Korelasi Antar Dimensi

Abstract

Tujuan: Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan memiliki hubungan dan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle dan menganalisa korelasi yang terjadi antar variabel bebas dengan variabel terikat serta membuktikan secara ilmiah pengaruh dan hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini merupakan metode riset kuantitatif dengan analisis regresi korelasi dan regresi berganda.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan secara parsial hal ini dibuktikan dengan uji regresi yang dilakukan. Dan juga  kualitas pelayanan  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan. Korelasi masing-masing antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan adalah sangat kuat. 

Implikasi Praktis: Memberikan gambaran seberapa besar hubungan kualitas pelayanan dan oengaruh terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle.

Kebaruan:  Memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Chand, M., & Ashish, D. (2014). The impact of service quality on tourist satisfaction and loyalty in Indian tour operation industry. International Journal of Sales & Marketing Management Research and Development (IJSMMRD), 4(5), 1-14.

Fandy, T. (2011). Service management: Mewujudkan layanan prima. Andi

Hamid, M., Sufi, I., Konadi, W., & Akmal, Y. (2019). Analisis jalur dan aplikasi SPSS versi 25. Sefa Bumi Persada

Husein, U., & Sikumbang, R. F. (2003). Metode riset perilaku konsumen jasa: Cara mudah melaksanakan riset perilaku konsumen jasa, dilengkapi dengan contoh riset kecemasan, kepuasan, loyalitas, kinerja, serta sikap dan perilaku konsumen. Ghalia Indonesia

Harjati, L., & Venesia, Y. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 36791.

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukarsa, I. K. G., & Kencana, I. P. E. N. (2015). Statistika Dasar. Laboratorium Statistika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Udayana.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa. Bayumedia.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi Offset.

Tjiptono, F. (1995). Strategi pemasaran. Andi Offset.

Downloads

Published

2022-06-09

How to Cite

Trisnadi, D., & Syahmurman, F. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Arnes Shuttle rute Purwakarta–Bandung (studi kasus pada cabang Arnes Shuttle Sadang Purwakarta). Jurnal Bisnis, 10(1), 51–60. https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.21

Issue

Section

Articles