Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pada Warung Nasi Prima Abah Oman

Authors

  • Fachmi Imannur Anwar Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri , Purwakarta
  • Dika Meirista Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Kusnadi Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.26

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada warung nasi Prima Abah Oman

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari populasi yang tak terhingga, diambil sampel sebanyak 96 orang dengan teknik pengambilan sampel nonprobability khususnya sampling incidental. Untuk metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data korelasi dan regresi linear sederhana dengan menggunakan software SPSS versi 26.0

Hasil: Penelitian ini mengungkapkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen adalah 82,4%. Sedangkan sisanya 17,6% dipengaruhi oleh faktor lain-lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Implikasi Praktis: Penelitian ini memberi masukan untuk pegawai agar ikut aktif dalam menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang mendukung agar dapat mencapai tingkat kepuasan kerja yang optimal.

Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen pada warung Abah Oman.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta

Dumilah, D. R., Komarudin, M., Ubaidillah, R., Siagian, S., & Santoso, S. (2021). Peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan industri pariwisata di seaworld ancol. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(2), 558-583.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Mulawarman University Press.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2015). Penelitian sumber daya manusia: teori, kuesioner, alat statistik, dan contoh riset. Gava Media.

Tjiptono, F. dan Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan. Andi

Tjiptono, F dan Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction (Edisi 4). Andi

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Anwar, F. I., Meirista, D., & Kusnadi. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Pada Warung Nasi Prima Abah Oman. Jurnal Bisnis, 10(1), 128–139. https://doi.org/10.62739/jb.v10i1.26

Issue

Section

Articles