Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi pada CV. Tomat Jaya Lembang)

Authors

  • Dika Meirista Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Sandra Sriwendiah Program Studi S1 Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v10i2.35

Keywords:

Product Quality, Purchase Decision

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada CV Tomat Jaya Lembang. Metodologi/Pendekatan: Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode insidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 96 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, analisis korelasi sederhana, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi (R2) dan uji t.

Hasil: Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa kualitas produk (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada CV Tomat Jaya Lembang.

Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian pada pengusaha di indonesia.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ghozali, M. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.

Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip – Prinsip Pemasaran (Edisi 12, Jilid 1). Erlangga.

Saluy, A. B., & Kemalasari, N. W. (2017). Analisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pelanggan PT. XYZ. In Seminar Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS), 1(1).

Sarjita, S. (2020). Pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 6(2), 80-93.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Tafajani, D. (2011). Panduan Komplit Bertanam Sayur. Kelompok Penerbit Universitas Atma Jaya.

Wibisono, D. (2005). Metode penelitian & analisis data. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Meirista, D., & Sriwendiah, S. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian (studi pada CV. Tomat Jaya Lembang). Jurnal Bisnis, 10(2), 243–251. https://doi.org/10.62739/jb.v10i2.35

Issue

Section

Articles