Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Implora Urban Lip Cream Matte di Toko Paris Cosmetics Cikampek-Karawang

Authors

  • Melani Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Marhumi Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta
  • Tresna Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v12i1.63

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan: Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Implora Urban Lipcream Matte di Toko Paris Cosmetics Cikampek-Karawang secara parsial dan simultan.

Metodologi/Pendekatan: Adapun metode penelitian ini adalah kuantitatif serta pendekatan survei, deskriptif, dan verifikatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan uji instrumen data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan software SPPS versi 23.0 dan microsoft excel 2021.

Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 45,8% (sedang), pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 17% (sangat rendah), pengaruh kualitas produk dan citra merek Implora Urban Lip Cream Matte terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pada Toko Paris Cosmetics Cikampek-Karawang sebesar 62,8% (kuat), sedangkan sisanya 37,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Implikasi Praktis: Penelitian ini memberikan rujukan bagi perusahaan dalam membuat kebijakan mengenai kualitas dan citra produk.

Kebaruan: Penelitian ini memberikan referensi baru dalam bidang pemasaran.

References

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Global Reasearch Consulting Institute.

Febrinastri, F. (2022). Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM. Suara.com. https://www.suara.com/pressrelease/2022/09/13/105011/hingga-juli-2022-industri-kosmetik-meningkat-83-dan-didominasi-ukm

Firmansyah, A. (2018). Sikap dan Pemasaran (Edisi 1). Deepublish.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Edisi 1). Unitomo Press.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Edisi 12). Erlangga.

Lestari, A. P. (2021). Magnificent Most Wanted Beauty Brand – Implora: Kosmetik Harga Terjangkau dengan Kualitas Dunia. https://www.fimela.com/beauty/read/4707357/magnificent-most-wanted-beauty-brand-implora-kosmetik-harga-terjangkau-dengan-kualitas-dunia

Maryani, D., & Kurniawati, D. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow (Studi Empiris Pada Konsumen di Agen Ms Glow Magetan). Prosiding Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen (SENAMA). https://doi.org/10.52353/senama.v1i1.280

Rupidara, G.M.P. (2022). Peranan Industri Kosmetik dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. Kumparan. https://kumparan.com/gracerupidara7/peranan-industri-kosmetik-dalam-mendorong-pertumbuhan-ekonomi-1y0XfC0yU1L

Setijaningsih, H. T. (2012). Teori akuntansi positif dan Konsekuensi Ekonomi. Jurnal Akuntansi, 16(03), 427-438.

Sugiyono. (2021). Statistika untuk Penelitian (Edisi 31). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Melani, Marhumi, & Wulandari, T. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Implora Urban Lip Cream Matte di Toko Paris Cosmetics Cikampek-Karawang. Jurnal Bisnis, 12(1), 35–52. https://doi.org/10.62739/jb.v12i1.63

Issue

Section

Articles