Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Yusvika San Erisda Program Studi Manajemen Sekolah, Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v12i1.72

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee.

Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian terdiri dari 172 mahasiswa program studi manajemen di STIE Nganjuk. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 120 mahasiswa.

Hasil: Kualitas produk, harga, dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee. Secara keseluruhan, keputusan pembelian dipengaruhi oleh ketiga faktor ini sebesar 70,8%, sementara 29,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Implikasi Praktis: Penelitian ini memberikan panduan bagi pelaku usaha dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen di e-commerce.

Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan literatur mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam e-commerce.

References

Arumsari, D., & Khasanah, I. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) Merek Aqua (Studi pada Konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah). Thesis. Universitas Diponegoro.

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 63-76.

Fachriyadi, A. N., & Afryansyah, A. (2024, March). Anti-Abstention Pesantren: Salafiah Pesantren Ideology and The Efforts of Muara Enim General Election Commitions to Increase Voters Participation. In Proceeding International Conference on Religion, Science and Education (Vol. 3, pp. 49-56).

Izza, S. R., Saharani, K. D., Ardiani, D., & Franssisca, M. L. (2024). Studi Literatur: Analisis Pengaruh Ragam Karakteristik Pekerja Ekonomi Gig terhadap Perekonomian Nasional. Journal of Regional Economics and Development, 1(3), 1-20.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit Erlangga.

Lukito, W. A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90-95.

Negara, I. M. W., Febianti, F., & Paramita, P. D. Y. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 2(10), 2205-2218.

Rahardika, I. (2023). Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Online Di Marketplace (Studi Pada Para Pengguna Marketplace Di Cilincing). Thesis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2740-2755.

Sinaga, A. N. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee. Thesis. Universitas Putera Batam.

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh online customer review, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (Studi kasus pada mahasiswa UBSI). Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439-450.

Downloads

Published

2024-06-22

How to Cite

Erisda, Y. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Bisnis, 12(1), 149–162. https://doi.org/10.62739/jb.v12i1.72

Issue

Section

Articles