Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Delisa Delicious Cabang Cipaisan Purwakarta Melalui Program Selling dan Distribusi
Keywords:
Distribusi, Program Selling, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program selling dan distribusi, serta gambaran keputusan pembelian konsumen Delisa Delicious. Selain itu, untuk mengetahui pengaruh program selling terhadap keputusan pembelian, distribusi terhadap keputusan pembelian, dan mengetahui pengaruh program selling terhadap distribusi.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, survey, serta deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah para konsumen Delisa Delicious yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti, sehingga melalui teknik penarikan sampel probability simple random sampling, seluruh konsumen yang mengisi kuesioner sejumlah 102 orang, dijadikan sebagai sampel penelitian ini. Hipotesis penelitian ini diuji melalui statistik nonparametrik Korelasi Kendall’s Tau.
Hasil: Program selling Delisa Delicious dirasakan konsumen 86,27%. Aktivitas distribusi dirasakan konsumen 88,80%. Keputusan pembelian konsumen dirasakan konsumen 94,81%. Program selling dan distribusi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian konsumen serta arah hubungannya berlawanan. Distribusi memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian dan berkorelasi positif, namun derajat hubungannya sangat rendah.
Implikasi Praktis: Penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi pemilik Delisa Delicious guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kebaruan: Penelitian ini menggunakan variabel dengan indikator yang berbeda dari penelitian terdahulu, serta dilengkapi dengan deskripsi hasil penghimpunan data kualitatif.
References
Arfah, L. (2024). Manajemen Pemasaran. Jambi:PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Bread & Cereal Products–Indonesia. [Online]. Tersedia: https://www.statista.com/outlook/cmo/food/bread-cereal-products/indonesia
Buzan, T & Israel, R. (2007). Sales Jenius Meraih Penjualan Sebesar-besarnya dengan Memanfaatkan Kedasyatan Potensi Otak. Bandung:Mizan Pustaka.
Daniel. (2024). Wawancara mengenai Program Selling dan Distribusi di Outlet Delisa Delicious, Jalan Kusuma Atmaja Cipaisan, Kabupaten Purwakarta.
Firmansyah, M.A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Qiara Media.
Garside, A.K & Rahmasari, D. (2017). Manajemen Logistik. Malang:UMM Press.
Goni, R. (2007). Playing to Win Langkah-langkah Cerdas di Tengah Gejolak Persaingan Copycat Economy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga.
Maklassa & Nurbaya, S. (2023). Manajemen Strategi Past, Present, and Future. Makassar:Nas Media Indonesia.
Nurmartiani, E. (2024). Pengantar Perilaku Konsumen. Serang:Tristar Mandiri Publisher.
Rahim, H; dkk. (2024). Perilaku Konsumen di Era Modern. Klaten:Underline.
Sholikah, dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Saat Ini dan Masa Depan. Cirebon:Insania.
Sutaguna, I.N.T. (2024). Introduction Manajemen Pemasaran. Batam:Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Titisari, M.Ayu, dkk. (2024). Strategi Marketing Berbasis Aplikasi. CV Azka Pustaka. [Online]. Tersedia: https://www.google.co.id/
Tjiptono, F; Chandra, G; & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta:Andi.
Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan dalam Bisnis. Jakarta:PT Elex Media Komputindo.
Yemm, G. (2024). The Sales Book. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.