Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kuwehanyi Purwakarta

Authors

  • Dewi Mulyani Program Studi Manajemen, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta, Indonesia
  • Syifa Widya Restiani Program Studi S1 Akuntansi, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62739/jb.v12i2.77

Keywords:

Keunggulan Bersaing, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui gambaran
keunggulan bersaing pada Toko Kuwehanyi Purwakarta; 2) Untuk mengetahui
gambaran keputusan pembelian Pada Toko Kuwehanyi Purwakarta; 3) Untuk
mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian Toko
Kuwehanyi Purwakarta. Responden penelitian ini adalah konsumen pada Toko
Kuwehanyi Purwakarta sejumlah 96 orang dengan menggunakan metode incidental
sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, metode
survey. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,dan kuesioner. Untuk
mengukur besarnya pengaruh keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian
digunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas,
korelasi dan regresi, serta uji signifikansi dan koefisien determinasi dengan
menggunakan software SPSS 25.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tanggapan
responden mengenai Keunggulan Bersaing (X) pada Toko Kuwehanyi cukup baik,
sedangkan keputusan pembelian (Y) pun cukup baik dan Keunggulan Bersaing
ternyata berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

References

Abdi, M. (2021). Analisis Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap UMKM Upaya Pemerintah Dalam Menyelamatkan UMKM Di Masa Pandemi Covid 19 (Objek Penelitian UMKM Kota Medan) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara].

Alfin, A. (2021). Analisis strategi UMKM dalam menghadapi krisis di era pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543-1552. https://doi.org/10.29210/02021759

Amalia, N. R., & Astuti, T. R. P. (2025). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Makanan Beku Pada Berkah Frozen Mojosari. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 6(1).

Andiyanto, F., Miyasto, M., & Sufian, S. (2017). Analisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi terhadap keunggulan bersaing dalam rangka meningkatkan kinerja bisnis (studi empiris pada industri pakaian jadi skala kecil dan menengah di Kabupaten Kudus) Diponegoro University].

Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR, N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50. https://doi.org/10.54783/ap.v4i1.22

Hasyyati, R. D. P., & Khasanah, I. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toko Sepatu Bata Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi (Studi Pada Konsumen Toko Sepatu Bata di Kota Semarang) Fakultas Ekonomika dan Bisnis].

Pertiaz, S. O., & Sunaryo, S. P. (2023). Penggunaan media sosial oleh pt kai dalam meningkatkan komunikasi dengan pelanggan. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 385-394. https://doi.org/10.54082/jupin.169

Sari, D. C., Wardhana, A., Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., Hastutik, S., Poltak, H., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen pemasaran. Media Sains Indonesia.

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109-118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Simanjorang, E. F. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop on Mada Rantauprapat. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91-101. https://doi.org/10.36985/manajemen.v1i1.32

Wibowo, T. M., & Ahmadi, M. A. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow For Men. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12).

Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., Evriza, E., & Igiriza, M. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Danau Toba Pasca Pandemi Covid-19 sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(3), 71-77. https://doi.org/10.35126/ilman.v11i3.542

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mulyani, D. ., & Restiani, S. W. . (2024). Pengaruh Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kuwehanyi Purwakarta. Jurnal Bisnis, 12(2), 43–53. https://doi.org/10.62739/jb.v12i2.77

Issue

Section

Articles