Analisis Portofolio Produk Pupuk Urea, Pupuk NPK dan Amoniak PT Pupuk Kujang
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v12i2.80Keywords:
Analisis PESTEL, Analisis Portofolio, Product Life CycleAbstract
Tujuan penulisan ini untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan produk PT. Pupuk Kujang di dalam persaingan, serta mengetahui peluang dan hambatan yang akan dihadapi dalam rangka meningkatkan kinerja perencanaan produksi Urea, NPK, dan Amoniak sebagai 3 produk utama PT Pupuk Kujang melalui analisis portofolio.
Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan suatu kondisi yang berlangsung saat ini atau saat yang lampau dapat digambarkan dengan angka-angka.
Hasil analisis menunjukkan bahwa produk pupuk urea untuk 5 tahun ke depan masih tetap ada dan masih berada di posisi dog. Sedangkan untuk produk NPK diproyeksikan akan bergeser dari posisi dog ke posisi question mark pada tahun 2021. Faktor yang mendukung untuk mengembangkan produk pupuk NPK ini adalah karena kebutuhan NPK sebagai pupuk majemuk akan semakin tinggi di masa yang akan datang. Dan untuk produk Amoniak yang di tahun 2016 berada di posisi question mark dan untuk proyeksi tahun 2021 masih di posisi question mark dengan market Share yang lebih tinggi. Posisi dalam product life cycle berada di posisi growth.
Kata Kunci: analisis PESTEL, analisis portofolio, product life cycle.
References
Benítez, N. G., de la Rosa, C. B., Bolaños, B. C., Echeverría, H. C., Padilla, R. C., & Vázquez, M. L. (2019). Análisis de PESTEL con mapas cognitivos neutrosóficos para determinar los factores que inciden en la sostenibilidad agropecuaria. Caso de estudio llanura Sur–Oriental de la provincia de Pinar del Río. Neutrosophic Computing and Machine Learning. ISSN 2574-1101, 5(1), 38-47.
Isventina, I., Nuryartono, N., & Hutagaol, M. P. (2015). Analisis daya saing sektor industri prioritas indonesia dalam menghadapi pasar ASEAN. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 4(1), 71-93. https://doi.org/10.29244/jekp.4.1.2015.71-93
Mansyur, N. I., Pudjiwati, E. H., & Murtilaksono, A. (2021). Pupuk dan pemupukan. Syiah Kuala University Press. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.379
Qomariah, N. (2016). Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu.
Rifky, I. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis dengan Menggunakan Metode Matriks Boston Consulting Group (Bcg) Pada Penginapan Griya Inayah Syariah di Kota Bandar Lampung.
Riswandi, R., Prakoso, S., & Fauziah, N. (2017). Suatu tinjauan strategi pemasaran melalui pendekatan BCG (Boston Consulting Group) studi kasus pada PT. Unilever Tbk. Jurnal Ekonomak, 3(1), 75-92.
Samosir, A. P. (2013). Analisis Perhitungan Volatilitas Harga terhadap Struktur Biaya Pupuk Bersubsidi. Majalah Ekonomi Universitas Airlangga, 23(3), 3994.
Siregar, I. A. (2021). Analisis dan interpretasi data kuantitatif. ALACRITY: Journal of Education, 39-48. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.25
Suharyani, Y. D., & Djumarno, D. (2023). Perencanaan strategis dan pembangunan berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), 767-778. https://doi.org/10.55681/jige.v4i2.827
Tantular, S. N., & Andarini, S. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Berdasarkan Konsep Product Life Cycle (PLC) Dan Boston Consulting Group (BCG) Matriks. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 354-363.
Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2018). Strategic management and business policy: Globalization, innovation and sustainability. Harlow, Essex Pearson Education Limited.