Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Barokah Laundry Melalui Promosi
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.86Keywords:
Promosi, Keputusan Pembelian, KonsumeAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program promosi, gambaran keputusan pembelian konsumen, serta pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Barokah Laundry.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, survey, serta deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah para konsumen Barokah Laundry yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti, sehingga melalui teknik penarikan sampel probability simple random sampling, seluruh konsumen yang mengisi kuesioner sejumlah 108 orang, dijadikan sebagai sampel penelitian. Hipotesis penelitian ini diuji melalui statistik parametrik Regresi Linear.
Hasil: Promosi Barokah Laundry berada pada daerah kontinum sangat tinggi dan dirasakan konsumen sebesar 85,27% (sangat baik). Keputusan pembelian konsumen
berada pada daerah kontinum sangat tinggi dan dirasakan konsumen sebesar 84,48% (sangat baik). Promosi berpengaruh signifikan sebesar 45,8% terhadap keputusan pembelian konsumen Barokah Laundry.
Implikasi Praktis: Penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi pemilik Barokah Laundry guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kebaruan: Penelitian ini menggunakan variabel dengan indikator yang berbeda dari penelitian terdahulu, serta dilengkapi dengan deskripsi hasil penghimpunan data kualitatif.
References
Cahyaningtias, D. A. (2025). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Catering Ditinjau Dari Marketing Syariah Pada Catering Mamaku Di Metro Iain Metro].
Erika Nurmartiani, M. (2024). Pengantar Perilaku Konsumen. Tri Star Mandiri Publisher.
Handoko, T.Anddharmmesta, B. S. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Bpfe.
Hasan, S., Dkk. (2022). Manajemen Keuangan. Penerbit Widina.
Khiatuddin, M. (2021). Pemikiran Rancangan Dan Kanvas Model Usaha Untuk Sukses Berwirausaha. Uppm Universitas Malahayati.
Kotler, P., Dkk. (1999). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1.
Polla, F. C., Dkk. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).
Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama.
Reken, F., Dkk. (2024). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Cv. Gita Lentera.
Ronas, C. (2021). Strategi Pemasaran Pada Masa Wabah Covid-19 Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Marie 18 Clinic Bengkulu) Iain Bengkulu].
Saleh, H. M. Y.Andmiah Said, S. (2019). Konsep Dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts And Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Sekaran, U. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach. In: John Wiley & Sons.
Septyadi, M. A. K., Dkk. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.
Sinaga, A. N., Dkk. (2024). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Jasa Laundry Berbasis Aplikasi Android Dalam Menghasilkan Laporan Keuangan (Studi Kasus: Berkat Laundry). Jurnal Keuangan Dan Manajemen Akuntansi, 6(4).
Sukatin, S., Dkk. (2022). Pengambilan Keputusan Dalam Kepemimpinan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1156-1167.
Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V6i2.8
Teruna, D., Dkk. (2023). Pengaruh Strategi Promosi Dan Jumlah Outlet Terhadap Peningkatan Penjualan Lepas Pt Xyz. Jurnal Usaha, 4(1), 95-109.
Wartoyo, W., Dkk. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 51-67.
Yuliana, F., Dkk. (2023). Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Melalui Webinar Kewirausahaan Berkelanjutan. Warta Lpm, 22-30.
Yunita, Y., Dkk. (2022). Rancang Bangun Pelayanan Jasa Laundry Pada Saidi Laundry Berbasis Mobile. Jurnal Insan Journal Of Information System Management Innovation, 2(1), 1-10. Https://Doi.Org/10.31294/Jinsan.V2i1.1032