Pengaruh Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v13i1.87Keywords:
promosi, kualitas produk, keputusan pembelianAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran promosi, proses keputusan pembelian, dan pengaruh promosi terhadap proses keputusan pembelian konsumen di Delisa Delicious Kabupaten Purwakarta Metodologi/Pendekatan: Penelitian adalah penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan survey, deskriptif dan verifikatif sebagai teknik pengumpulan data. Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden untuk selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data dengan menggunakan software SPSS v.23.0.
Hasil: Promosi dan proses keputusan pembelian yang dirasakan kuat oleh konsumen Delisa Delicious. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Pengaruh Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 52,1%.
Implikasi Praktis: Peningkatan kualitas produk perlu menjadi perhatian dalam mengembangkan bisnis sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.
Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan literatur mengenai manajemen pemasaran.
References
Akbar, M. N., & Irawati, F. E. (2023). Pengaruh Promosi Dan Diskon Pada Keputusan Pembelian di Ada Swalayan Kudus. Jurnal Bisnis Digital Dan Sistem Informasi, 4(1), 30–37.
Astuti, I. P., & Anggresta, V. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Food Di Jakarta Selatan. Jurnal USAHA, 3(2), 29–35. https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1230
Manan, L. ode A., Titop, H., & Yuliasari, W. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ready To Drink (Rtd) Kedai Three Thai Tea Desa Awunio Kecamatan Kolono Kabupaten Konawe Selatan. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2), 163–178. https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss2.340
Ningrum, Lilian Mega Puri, & Eva Ratnasari. (2023). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian pada Toko Qolsa Metro Tahun 2022. Journal of Student Research, 1(1), 394–403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1067
Nurdiana, D. (2018). Pengaruh ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap profitabilitas. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 12(6).
Prasasti, Intan. Ameli; Sitohang, Hesekiel; Fauziah, S. (2022). Prosiding Seminar Nasional Manajemen. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1(2), 72–76. 38+Amelia+Intan+Prasasti+Hal+723-726
Rangkuti, A. A. (2017). Statistika inferensial untuk psikologi dan pendidikan. Kencana.
Saputri, S. F., Sukoco, H., Farisi, H., Yuliana, A., & Andini, M. (2024). Pengaruh Promosi Media Sosial , Kualitas Produk , dan Harga terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Toko Kue Keikeu ) The Influence of Social Media Promotion , Product Quality , and Price on Purchasing Decisions ( Case Study of Keikeu Cake Shop ). November, 6424–6434.
Tolan, M. S., Pelleng, F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.
Wijaya, V. H. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Kirei Indonesia Bandung. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(5), 612–618. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/41711%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/41711/1/BAB I.docx. https://doi.org/10.37715/jp.v3i5.819