Potensi Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dalam Ruang Lingkup Islam
DOI:
https://doi.org/10.62739/jb.v12i2.93Keywords:
Ekonomi Islam, Kesejahteraan Masyarakat, Pasar Prenduen, Pasar TradisonalAbstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekonomi pasar tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muslim melalui pendekatan ekonomi Islam.
Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan dan wawancara kepada pelaku pasar di Pasar Prenduen.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pasar Prenduen memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan rumah tangga, mendorong peredaran produk lokal, serta menjadi wadah penerapan nilai-nilai ekonomi Islam dalam kegiatan jual beli.
Implikasi Praktis: Optimalisasi pengelolaan pasar tradisional berbasis nilai-nilai ekonomi Islam dapat menjadi model pembangunan inklusif berbasis komunitas.
Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur ekonomi Islam, khususnya dalam konteks pasar tradisional sebagai pendorong kesejahteraan masyarakat.
References
Amiruddin. (2014). Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Alauddin University Press.
Chapra, M. U. (2001). The Future of Economics: An Islamic Perspective. The Islamic Foundation.
Damanik, J. (2020). Pariwisata Berbasis Masyarakat dan Ekonomi Lokal. Deepublish.
Hasanah, L. (2020). Pasar tradisional dan kesejahteraan sosial. Jurnal Sosiologi Ekonomi, 8(1), 91–102.
Hosen, M. N. (2010). Ekonomi Mikro Islam. Rajagrafindo Persada.
Hulwati. (2009). Ekonomi Islam: Teori dan Praktik dalam Perdagangan Obligasi Syariah di Pasar Modal Indonesia dan Malaysia. Ciputat Press Group.
Khasanah, U. (2015). Ekonomi Mikro Islam. UIN Maliki Press.
Kuncoro, M. (2012). Ekonomi Pembangunan. UPP STIM YKPN.
Muslich, M. (2022). Ekonomi Kerakyatan dan Kearifan Lokal. Alfabeta.
Oktavia, R. (2014). Peranan Baitul Maal Wattamwil (BMT) terhadap upaya perbaikan moral masyarakat di kawasan Dolly Surabaya. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 122–133. https://doi.org/10.21274/an.2014.1.1.119-137
Prasetyo, A. (2017). Peran pasar tradisional dalam ketahanan ekonomi daerah. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Daerah, 6(1), 30–42.
Samuelson, P. A., & Nordhaus, W. D. (2009). Economics. McGraw-Hill.
Sari, D. K. (2018). Peran pasar tradisional dalam mendukung ekonomi lokal. Jurnal Ekonomi Daerah, 7(2), 45–53.
Sholeh, M. (2016). Etika bisnis dan pasar dalam perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(2), 67–78.
Stanton, W. J. (1981). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill.
Suparmoko. (2002). Ekonomi Publik untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. BPFE.
Suryanto, A. (2021). Pasar tradisional sebagai pilar ekonomi masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 10–19.
Winarno, F. X. (2020). Pasar Tradisional dan Modern. Rajawali Pers.
Eddy Ilhamsyah. (2014). Peran pasar tradisional dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha (Studi kasus pada Toko Sepatu Amigo Pasar Sentral Medan) (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sumatera Utara.
Fitriani, R. (2019). Revitalisasi pasar tradisional dan dampaknya terhadap ekonomi lokal. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(3), 215–228.