Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs en-US jatnika@stieb-perdanamandiri.ac.id (Ika Jatnika) jurnal-bisnis@stieb-perdanamandiri.ac.id (Jurnal Bisnis STIEB Perdana Mandiri) Tue, 03 Jun 2025 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Penerimaan Auditor BPK RI Atas Implementasi Software Audit Berbasis Big Data https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/91 <p><strong>Tujuan: </strong>Menganalisis pengaruh aspek sosial dan dukungan manajemen puncak terhadap niat dan penggunaan aktual teknologi big data oleh auditor BPK RI.</p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan</strong>: Penelitian kuantitatif dengan metode survei dan analisis SEM-PLS, melibatkan auditor yang telah menggunakan software BIDICS.</p> <p><strong>Hasil</strong>: Aspek sosial dan dukungan manajemen puncak berpengaruh positif signifikan terhadap niat menggunakan, dan niat berpengaruh terhadap penggunaan aktual teknologi big data.</p> <p><strong>Implikasi Praktis</strong>: Temuan ini memberikan implikasi bahwa keberhasilan adopsi teknologi big data di sektor publik, khususnya BPK RI, sangat dipengaruhi oleh dukungan institusional dan pengaruh sosial di lingkungan kerja. Oleh karena itu, penguatan budaya digital dan kepemimpinan teknologi menjadi kunci sukses implementasi BIDICS.</p> <p><strong>Kebaruan</strong>: Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan mendukung model UTAUT dalam konteks sektor publik dan memperluas literatur terkait faktor lingkungan yang memengaruhi adopsi teknologi big data analytics di institusi pemeriksa negara.</p> Fauziah Ilma Ristiyani, Hafiez Sofyani Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/91 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Kendaraan Bermotor https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/89 <p class="western" lang="id-ID" style="line-height: 100%; margin-bottom: 0in;" align="justify"> </p> <p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tentang pengaruh kualitas pelayanan, sanksi pajak, dan pengetahuan pajak terhadap tingkat kepatuhan pajak kendaraan bermotor.</p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan: </strong>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan data primer diperoleh melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Blora.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan sanksi pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Adapun pengetahuan pajak tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap wajib pajak.</p> <p><strong>Implikasi Praktis: </strong>Pihak otoritas pajak perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan penerapan sanksi pajak yang adil untuk mendorong kepatuhan dalam membayar pajak kendaraan bermotor.</p> <p><strong>Kebaruan: </strong>Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan literatur mengenai determinan yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak kedaraan bermotor.</p> Ellen Alfina Kusumasari, Andan Yunianto Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/89 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Pengendalian Internal Dan Budaya Organisasi Terhadap Pencegahan Kecurangan Dana Bantuan Operasional Sekolah https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/94 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Maraknya kasus kecurangan dana bantuan operasional sekolah di sekolah Indonesia<strong>.</strong></p> <p><strong>Tujuan: </strong>Untuk menganalisis pengaruh pengendalian internal, <em>whistleblowing system</em>, komitmen organisasi, dan budaya organisasi terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah.</p> <p><strong>Metode Penelitian: </strong>Sampel penelitian ini adalah aparatur sekolah negeri&nbsp; di Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 120 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini menghasilkan empat hipotesis yang diukur dengan alat analisis SEM-PLS menggunakan aplikasi <em>SmartPLS v4.0.9</em>.</p> <p><strong>Hasil Penelitian: </strong>Menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah. Sedangkan Pengendalian Internal, <em>Whistleblowing system</em>, Komitmen Organisasi tidak berpengaruh terhadap Pencegahan Kecurangan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah.</p> <p><strong>Keterbatasan Penelitian: </strong>(1) Memiliki kendala atas mengenai perijinan penelitian; (2) Ada responden yang menolak penelitian; (3) Tidak mengisi angket karena sedang ada aktivitas lain di luar sekolah; dan (4) Belum diterapkan <em>whistleblowing system</em>.</p> <p><strong>Keaslian/Novetly Penelitian: </strong>Penelitian ini menggunakan pendekatan teori <em>Fraud Triangle</em> dan Teori Agensi yang masih sering digunakan. Kemudian untuk penambahan variabel pengendalian internal, <em>whistleblowing system</em>, dan budaya organisasi yang masih jarang digunakan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana bantuan operasional sekolah.</p> Herliana Khoirin, Erni Suryandari Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/94 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Lokasi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi JNE https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/84 <p><strong>Latar Belakang: </strong>Jumlah pengiriman pada jasa ekspedisi JNE Agen Cibatu Purwakarta dari tahun 2021 hingga 2023 cenderung mengalami penurunan tiap tahunnya, meskipun tingkat penurunan tersebut tidak terlalu besar. Salah satu dugaan penyebabnya adalah lokasi agen yang kurang strategis dan tidak mudah diakses oleh konsumen.</p> <p><strong>Tujuan: </strong>Untuk mengetahui gambaran lokasi JNE Agen Cibatu Purwakarta, gambaran keputusan penggunaan jasa oleh konsumen, dan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh lokasi terhadap keputusan penggunaan jasa ekspedisi JNE Agen Cibatu Purwakarta.</p> <p><strong>Metode Penelitian: </strong>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen JNE, dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling menggunakan pendekatan incidental sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis korelasi, regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi (R²), menggunakan aplikasi SPSS versi 25.</p> <p><strong>Hasil Penelitian: </strong>Lokasi memiliki hubungan yang kuat dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa ekspedisi JNE Agen Cibatu Purwakarta. Besarnya pengaruh lokasi terhadap keputusan penggunaan jasa sebesar 60,5%, sementara 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.</p> <p><strong>Keaslian/Novelty Penelitian: </strong>Penelitian ini menyoroti pengaruh lokasi fisik terhadap keputusan penggunaan jasa ekspedisi di tingkat agen lokal, yang masih jarang menjadi fokus kajian dalam konteks logistik mikro di Indonesia.</p> Marhumi, Kusnadi , Mila Camelia Nafira Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/84 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Locus of Control dan Perilaku Auditor terhadap Kualitas Audit Inspektorat Purwakarta https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/98 <p><strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh <em>Locus of Control</em> dan Perilaku Disfungsional Auditor terhadap Kualitas Audit, baik secara parsial maupun simultan, pada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Inspektorat Daerah Kabupaten Purwakarta.</p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan:</strong> Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal yang seluruhnya berjumlah 44 orang, sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan <em>software IBM SPSS</em> versi 26.</p> <p><strong>Hasil:</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Locus of Control</em> berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Audit, sedangkan Perilaku Disfungsional Auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Audit. Secara simultan, <em>Locus of Control</em> dan Perilaku Disfungsional Auditor berpengaruh terhadap Kualitas Audit.</p> <p><strong>Implikasi Praktis:</strong> Temuan ini memberikan masukan bagi instansi pengawasan internal pemerintah untuk meningkatkan kualitas audit melalui penguatan kontrol diri auditor serta menekan perilaku disfungsional.</p> <p><strong>Kebaruan:</strong> Penelitian ini memberikan kontribusi dengan mengkaji secara simultan hubungan antara <em>Locus of Control</em> dan Perilaku Disfungsional Auditor terhadap Kualitas Audit dalam konteks auditor internal pemerintah daerah, yang masih jarang diteliti.</p> Ernie Soedarwati, Cahya Khoirunnisa, Dede Sopian Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/98 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Barokah Laundry Melalui Promosi https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/86 <p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program promosi, gambaran keputusan pembelian konsumen, serta pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Barokah <em>Laundry</em>.</p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan: </strong>Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, <em>survey</em>, serta deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah para konsumen Barokah Laundry yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti, sehingga melalui teknik penarikan sampel probability simple random sampling, seluruh konsumen yang mengisi kuesioner sejumlah 108 orang, dijadikan sebagai sampel penelitian. Hipotesis penelitian ini diuji melalui statistik parametrik Regresi Linear.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Promosi Barokah <em>Laundry</em> berada pada daerah kontinum sangat tinggi dan dirasakan konsumen sebesar 85,27% (sangat baik). Keputusan pembelian konsumen berada pada daerah kontinum sangat tinggi dan dirasakan konsumen sebesar 84,48% (sangat baik). Promosi berpengaruh signifikan sebesar 45,8% terhadap keputusan pembelian konsumen Barokah <em>Laundry</em>.</p> <p><strong>Implikasi Praktis: </strong>Penelitian ini diharapkan memberikan masukan bagi pemilik Barokah <em>Laundry</em> guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen.</p> <p><strong>Kebaruan: </strong>Penelitian ini menggunakan variabel dengan indikator yang berbeda dari penelitian terdahulu, serta dilengkapi dengan deskripsi hasil penghimpunan data kualitatif.</p> Tresna Wulandari, Desi Komala Sari, Dewi Trimurti Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/86 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/87 <p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran promosi, proses keputusan pembelian, dan pengaruh promosi terhadap proses keputusan pembelian konsumen di Delisa Delicious Kabupaten Purwakarta<strong> Metodologi/Pendekatan: </strong>Penelitian adalah penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan survey, deskriptif dan verifikatif sebagai teknik pengumpulan data. Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden untuk selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data dengan menggunakan <em>software SPSS v.23.0</em>.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Promosi dan proses keputusan pembelian yang dirasakan kuat oleh konsumen Delisa Delicious. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Pengaruh Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 52,1%.</p> <p><strong>Implikasi Praktis: </strong>Peningkatan kualitas produk perlu menjadi perhatian dalam mengembangkan bisnis sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian.</p> <p><strong>Kebaruan: </strong>Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan literatur mengenai manajemen pemasaran.</p> Winda Suci Lestari Nasution, Patriot Nusa, Hasan Munawar Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/87 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Kebijakan dan Implementasi Perpajakan Terhadap Content Creator di Kabupaten Purwakarta https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/99 <p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kebijakan perpajakan dan implementasi perpajakan terhadap <em>content creator.</em></p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan: </strong>Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling jenuh untuk pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 <em>content creator</em> yang terlacak di Kabupaten Purwakarta. Uji hipotesis menggunakan model regresi linear sederhana dan berganda.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Penelitian mengungkapkan kebijakan perpajakan yang ada tidak berpengaruh terhadap <em>content creator</em>, implementasi perpajakan juga tidak berpengaruh terhadap <em>content creator. </em>Kemudian kebijakan dan implementasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap <em>content creator</em>.</p> <p><strong>Implikasi Praktis:</strong> Penelitian ini memberikan rujukan kepada pemerintah agar segera membuat kebijakan khusus untuk seorang <em>content creator.</em></p> <p><strong>Kebaruan: </strong>Penggunaan analisis SPSS versi 26.</p> Yulia Komala, Amanda Stefani, Dewi Widiarti Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/99 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Penerapan The Flower of Service pada Industri Coffee Shop: Studi Kasus di Purwakarta https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/100 <p><span class="fontstyle0"><strong>Tujuan:</strong> </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan </span><span class="fontstyle3">the flower of service </span><span class="fontstyle2">pada beberapa </span><span class="fontstyle3">coffee shop </span><span class="fontstyle2">di Purwakarta.</span></p> <p><span class="fontstyle0"><strong>Metodologi/Pendekatan</strong>: </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pemilik atau pihak manajemen, serta observasi langsung di lokasi. Data dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola penerapan setiap komponen </span><span class="fontstyle3">the flower of service</span><span class="fontstyle2">.</span></p> <p><span class="fontstyle0"><strong>Hasil:</strong> </span><span class="fontstyle2">Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga </span><span class="fontstyle3">coffee shop </span><span class="fontstyle2">yang diteliti telah menerapkan tujuh komponen utama </span><span class="fontstyle3">the flower of service</span><span class="fontstyle2">, yaitu information, </span><span class="fontstyle3">order taking, billing, payment, consultation, hospitality, dan housekeeping</span><span class="fontstyle2">, dengan tingkat kesamaan yang tinggi pada praktiknya. Perbedaan utama terletak pada komponen </span><span class="fontstyle3">exceptions</span><span class="fontstyle2">, di mana masing-masing </span><span class="fontstyle3">coffee shop </span><span class="fontstyle2">menerapkan strategi yang berbeda, mulai dari penyelenggaraan acara </span><span class="fontstyle3">event</span><span class="fontstyle2">, pemberian tambahan takaran produk, hingga pembatasan keterlibatan sebagai sponsor pihak eksternal.</span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Implikasi Praktis: </span></strong><span class="fontstyle2">Penelitian ini diharapkan, </span><span class="fontstyle3">coffee shop </span><span class="fontstyle2">dapat menjaga layanan inti dan mengoptimalkan </span><span class="fontstyle3">exceptions </span><span class="fontstyle2">untuk diferensiasi dan loyalitas pelanggan. </span><span class="fontstyle0">Kebaruan: </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini memperkaya literatur pemasaran jasa dan memberi wawasan praktis bagi </span><span class="fontstyle3">coffee shop </span><span class="fontstyle2">di daerah berkembang.</span></p> Dewi Mulyani, Muhammad Sabiq Abdurrasyid, Dika Meirista Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/100 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Menganalisis Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Karyawan di Era Digital yang Dinamis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/88 <p><span class="fontstyle0"><strong>Tujuan:</strong> </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran budaya organisasi dalam meningkatkan kemampuan adaptasi karyawan di era digital.</span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Metodologi/Pendekatan: </span></strong><span class="fontstyle2">Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan melibatkan 10 informan dari berbagai divisi di sebuah perusahaan teknologi.</span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Hasil: </span></strong><span class="fontstyle2">Hasil menunjukkan bahwa budaya keterbukaan, inovasi, dan pembelajaran berkelanjutan mendorong adaptasi, sedangkan struktur hirarkis menghambatnya. </span><span class="fontstyle0">Implikasi Praktis: </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini memberikan implikasi pentingnya membangun budaya keterbukaan, inovasi, dan pembelajaran untuk menciptakan kemampuan adaptasi.</span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Kebaruan: </span></strong><span class="fontstyle2">Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana budaya kerja mempengaruhi keberhasilan transformasi digital.</span></p> Krisdanu Purwana, R. Apit Rahmat Salamet Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/88 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Kelas Karyawan Memilih Perguruan Tinggi Swasta Purwakarta https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/101 <p><strong><span class="fontstyle0">Tujuan: </span></strong><span class="fontstyle2">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian mahasiswa kelas karyawan dalam memilih perguruan tinggi swasta (PTS) di Purwakarta.</span></p> <p><span class="fontstyle0"><strong>Metodologi/Pendekatan:</strong> </span><span class="fontstyle2">Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah mahasiswa kelas karyawan STIEB Perdana Mandiri, dengan sampel sebanyak 137 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linear sederhana menggunakan perangkat lunak SPSS 25. </span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Hasil: </span></strong><span class="fontstyle2">Penelitian ini menunjukkan bahwa produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa kelas karyawan dalam memilih PTS di Purwakarta, di mana kualitas layanan pendidikan dan biaya yang kompetitif menjadi faktor utama penentu pilihan.</span></p> <p><span class="fontstyle0"><strong>Implikasi Praktis:</strong> </span><span class="fontstyle2">Memberikan masukan bagi pengelola perguruan tinggi swasta untuk merancang penawaran yang relevan dan menarik, baik dari sisi kualitas produk pendidikan maupun strategi harga, guna meningkatkan daya tarik dan minat mahasiswa.</span></p> <p><strong><span class="fontstyle0">Kebaruan: </span></strong><span class="fontstyle2">Penelitian ini mengkaji secara spesifik perilaku mahasiswa kelas karyawan dalam konteks pemilihan PTS.</span></p> Djuni Akbar, Fachmi Imannur Anwar, Sandra Sriwendiah, Mawar Puspaendah Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/101 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Strategi SWOT Tingkatkan Minat Masyarakat Pada Tabungan Haji Di BPRS Bhakti Sumekar Lenteng https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/97 <p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk tabungan haji yang diterapkan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Lenteng dengan menggunakan pendekatan SWOT (<em>Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats</em>).</p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan: </strong>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama BPRS terletak pada pelayanan yang baik, bebas biaya pembukaan rekening, serta adanya fitur tabungan fleksibel dan asuransi jiwa gratis. Kelemahan yang ditemukan mencakup kurangnya kegiatan promosi dan keterbatasan sumber daya manusia. Peluang yang dapat dimanfaatkan berasal dari mayoritas penduduk beragama Islam dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap ibadah haji. Sementara itu, ancaman muncul dari kompetitor dengan produk serupa dan lokasi geografis yang lebih strategis.</p> <p><strong>Implikasi Praktis: </strong>Temuan ini dapat dijadikan acuan dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap tabungan haji di lembaga keuangan syariah.</p> <p><strong>Kebaruan: </strong>Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menganalisis strategi pemasaran produk tabungan haji berbasis SWOT pada konteks BPRS lokal, yang masih jarang dijadikan fokus kajian sebelumnya.</p> Hamiduddin, Nailur Rahman Surahma, Syahrir Ridla Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/97 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700 Peran Brand Image dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Produk dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/105 <p><strong>Tujuan: </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan <em>electronic word of mouth</em> terhadap keputusan pembelian, dengan <em>brand image</em> sebagai variabel intervening, pada konsumen sepatu <em>Converse</em> di Yogyakarta.</p> <p><strong>Metodologi/Pendekatan: </strong>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik <em>purposive sampling</em> terhadap 200 responden. Data dianalisis menggunakan <em>SmartPLS 4.0</em>.</p> <p><strong>Hasil: </strong>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan <em>electronic word of mouth </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Namun, kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, <em>electronic word of mouth</em> dan <em>brand image</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. <em>Brand image</em> terbukti mampu memediasi secara penuh pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, serta memediasi secara parsial pengaruh <em>electronic word of mouth</em> terhadap keputusan pembelian.</p> <p><strong>Implikasi Praktis: </strong>Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku industri <em>fesyen</em> dan alas kaki, khususnya merek global seperti <em>Converse</em>, untuk lebih mengedepankan strategi komunikasi digital dan penguatan citra merek dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen muda.</p> <p><strong>Kebaruan: </strong>Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami peran mediasi brand image dalam hubungan antara persepsi konsumen terhadap produk dan strategi promosi digital terhadap keputusan pembelian di kalangan generasi muda.</p> Misbahul Anwar, Dwi Yuni Astuti Copyright (c) 2025 Jurnal Bisnis https://jurnal.stieb-perdanamandiri.ac.id/index.php/ilejurnalojs/article/view/105 Mon, 30 Jun 2025 00:00:00 +0700